Love Yourself 

    Halo Semuanya, Perkenalkan nama saya Aditya Andrew Prakoso biasa dipanggil Adit. Dalam karangan tulisan kali ini saya akan mengangkat suatu tema yaitu cara kita memahami dan menyayangi diri sendiri atau bahasa kerennya “How to Love Yourself”. Disimak dan dipahami ya teman – teman, karena banyak hal penting dan menarik yang akan saya sampaikan dalam karangan tulisan ini.

                 Hal pertama agar kita bisa memahami diri sendiri adalah dengan melihat sisi baik kita dan kelebihan serta talenta yang kita miliki. Pastinya semua orang memiliki sisi baik dan sisi baik setiap orang pasti berbeda beda. Setiang orang terlahirkan sangat unik dan berbeda dengan yang lainnya. Ingat bahwa anda adalah satu satunya orang yang memiliki sisi baik didalam diri anda, dan orang lain tidak memilikinya. Sabar, jujur, setia, adil, pemaaf, tekun, optimis, murah hati, disiplin, rajin, bertanggung jawab, dan sebagainya, mungkin anda memiliki salah satu dari sisi baik ini dan anda harus bangga dengan sisi baik kalianmasing masing. Anda juga harus terus mempertahankan sisi baik itu dan kalau bisa mengambil sisi baik lainnya. Mungkin anda kurang jujur, anda bisa mencoba untuk jujur. Bisa dilakukan dengan hal kecil terlebih dahulu yaitu tidak berbohong. Jika anda sudah melakukannya pasti anda memiliki rasa kebanggaan anda tersendiri dan akhirnya kalian makin mencintai diri anda sendiri.

                Coba ingat ingat hal masa lalu yang memiliki kenangan tak terlupakan dan tak akan terulang lagi dalam hidup anda. Misalnya anda pernah memenangkan suatu perlombaan, pernah ikut berpartisipasi dalam kepanitian acara sekolah, pernah menjadi ketua kelas, pernah mendapat ranking kelas, atau pernah memperjuangkan seseorang yang kalian sayangi dan anda mendapatkan kepercayaan darinya. Kita pasti akan tersenyum sendiri mengingat hal hal membanggakan tersebut. Kita pasti berpikir dan berkata dalam hati “Wah ternyata hebat juga ya diriku ini.” Kalian pasti lebih menyayangin diri sendiri dan bahkan orang lain yang terlibat dalam prestasi yang anda sudah raih.

                Coba ingat masa lalu yang menyenangkan dan hal hal yang lucu. Pasti kalian pernah melewati kejadian dan hal hal yang menyenangkan dengan teman teman anda saat bersekolah di jenjang SD, SMP, dan SMA. Mungkin kalian pernah berpetualang dengan teman kalian, kalian nongkrong dan berbicara pada teman kalian seharian penuh sampai lupa waktu, melakukan hal nakal disekolah bersama dengan teman, dan lainnya. Kejadian menyenangkan tersebut tidak akan terulang lagi dan hanya menjadi kenangan indah yang tak akan terlupakan. Banyak kejadian menyenangkan yang menghampiri diri kita pada waktu itu. Mungkin kejadian itu hanya terjadi pada diri kalian karena banyak orang yang tidak bisa mengalami kejadian menyenangkan tersebut. Anda harus bersyukur karena anda bisa mengalami kejadian tersebut.

                Langkah berikutnya adalah langkah yang simpel dan harus dilakukan semuar orang yaiut merawat dan mencintai tubuh anda apa adanya. Ingat saya sampaikan lagi bahwa kalian itu unik. Tubuh yang anda miliki sekarang tidak akan sama dengan orang lain. Anda satu satunya yang memiliki tubuh kalian sendiri dan kalian harus bisa merawatnya. Banyak hal mudah yang bisa kalian lakukan, misalnya rajin mandi atau 2 kali sehari, rajin gosok gigi, potong kuku yang sudah panjang, makn makanan bergizi, mencoba olahraga teratur, dan lain lain. Toh tidak ada ruginya juga kan jika kita merawat diri kita sendiri, kita sendiri juga yang diuntungkan. Jika tubuh kita sehat dan bersih, yang senang juga kita sendiri, dan pastinya kita lebih mencintai tubuh kita. Tidak usah membandingkan wajah anda dengan wajah orang lain. Pasti kita sering berpikir bahwa teman kita lebih tampan atau cantik dibandingkan diri kita sendiri. Percayalah bahwa semua orang di dunia ini tampan dan cantik dengan keunikannya masing masing. Tidak usah minder memiliki wajah yang dianggap orang lain jelek karena jika kita minder berarti kita memenarkan perkataan orang tersebut, percaya diri saja terhadap wajah kita, jika kita percaya diri justru orang lain akan menjadikan kita teladan, karena tidak semua orang bisa percaya diri dengan fisik mereka.

                Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan dalam motivation letter ini. Saya harap dengan karangan yang saya buat ini, kalian bisa menjadi diri kalian sendiri, kalian juga bisa mengambil banyak hal positif dalam diri kalian dan membuang hal negatif yang kiranya tak berguna bagi diri anda sendiri. Mohon maaf bila ada kesalahan penulisan dalam karangan ini karena semua orang memiliki kekurangan dan tidak ada yang sempurna. Terima kasih semuanya. :)

Comments

Popular Posts