Mentally Sane

                Menjaga kesehatan mental sangatlah penting bagi semua orang. Mungkin sebelum adanya pandemi sekarang ini, lebih mudah bagi kita untuk menjaga kesehatan mental dibandingkan dengan kondisi saat ini yang tidak menentu. Dulu kita bisa bebas melakukan kegiatan apa saja diluar rumah, tetapi karena kondisi sekarang yang tidak memungkinkan, maka kita harus tetap berada didalam rumah agar pandemi atau kondisi buruk ini cepat berlalu. Tidak bisa melakukan kegiatan di luar rumah dengan bebas tentu saja mempengaruhi kesehatan mental kita. Pastinya kita lebih merasa stress dan bosan ketika berada dirumah terus – terusan. Ada beberapa cara agar kita bisa menjaga kesehatan mental kita.

                Cara yang pertama adalah dengan melakukan hal yang menyenangkan di dalam rumah, salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah bermain dengan anggota keluarga lainnya dirumah. Kita bisa memainkan monopoli, UNO, kartu remi, jenga, werewolf, dan game lainnya. Lebih seru lagi jika kalian dengan orang banyak, jika kalian memiliki banyak saudara kandung, hal ini menjadi jauh lebih menyenangkan. Bermain membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan lebih rileks, dan tentu saja berpengaruh pada kesehatan mental kita. Kita menjadi lebih bahagia dan jauh dari kata stress. Kegiatan ini juga berpengaruh pada hubungan kita dengan keluarga, suasana keluarga menjadi lebih menyenangkan dan tidak tegang, dan mencegah terjadinya perkelahian antar keluarga.

                Kita juga bisa menonton film dan acara tv dengan keluarga. Kegiatan ini sangatlah menyenangkan untuk dilakukan apalagi dengan situasi saat ini. Menghabiskan waktu luang dengan menonton film atau acara tv dengan keluarga mempengaruhi kesehatan mental kita juga.

                Olahraga dirumah juga sangat membantu kesehatan mental. Bukan hanya kesehatan mental saja tetapi juga kesehatan fisik. Olahraga tidak harus memiliki alat fitness atau alat olahraga mahal lainnya. Kita bisa melakukan olahraga dengan beban tubuh kita sendiri, misalnya push-up sit-up, squad jump, lari keliling komplek, dan lain lain. Contoh olahraga yang ringan adalah dengan membersihkan rumah atau ruangan kita sendiri, tidak hanya membat tubuh kita sehat, tetapi membuat suasana rumah kita menjadi lebih nyaman. Dengan berolah raga, tubuh kita menjadi lebih bugar, tidak gampang lelah, kita menjadi lebih bersemangat dan tidak lemas. Tidak merasakan lelah adalah hal terbaik yang bisa kita dapatkan, karena jika kita merasa lelah sepanjang waktu, kita menjadi malas melakukan apapun dan pastinya akan menjadi bosan, sehingga mempengaruhi kesehatan mental kita. Jika kita tidak merasakan lelah yang berlebihan, kita bisa melakukan aktivitas lainnya dengan lebih mudah dan semangat. Hal ini mempengaruhi kesehatan mental kita juga.

                Istirahat yang cukup dan tidur tepat waktu. Hal ini sangatlah pentingbukan hanya untuk kesehatan mental kita, tetapi juga baik untuk kesehatan fisik kita. Terkadang kita sering tidur malam dikarenakan kebiasan begadang setiap harinya. Apalagi dimasa ini banyak remaja yang sedang liburan, sehingga mereka sering tidur malam dikarenakan bermain dengan temannya sampai pagi, atau menonton Youtube atau Netflix sampai larut malam. Bangun siang bahkan bisa sampai sore hari. Siklus tidur ini sangatlah salah dan mempengaruhi keseharan kita. Kita lebih jarang melihat teriknya sinar matahari di luar rumah, suasana hati juga menjadi jauh lebih berbeda. Nah saat sudah mulai masuk sekolah atau kuliah, siklus ini baru kita rasakan tidak enaknya, karena kebiasaan tidur malam bangun siang, maka saat sudah masuk sekolah atau kuliah, kita menjadi ngantuk saat bangun pagi karena kurang tidur. Hal ini mempengaruhi mental kita. Menjadi lemas dan loyo, tidak semangat, pikiran kita menjadi malas dan mager, sehingga sulit untuk keluar dari zona nyaman, kegiatan kita tidak produktif dan tidak menghasilkan apa apa.

                Cara berikutnya sangatlah mudah dan pasti kita semua suka untuk melakukannya, yaitu makan makanan enak, lezat dan bergizi. Tentu saja memakan makanan yang lezat mempengaruhi suasana hati kita. Kita menjadi lebih tenang dan senang, sehingga kondisi mental kita tetap stabil dan tetap terjaga.

                Itu saja yang ingin saya sampaikan, maaf bila ada kesalahan penulisan kata dan semua kesalahpahaman yang mungkin terjadi. Kiranya kalian bisa mengambil sedikit manfaat dari karangan yang saya tulis dan membuang semua sisi negatif yang ada. Terima kasih sudah membaca.

Comments

Popular Posts